DR. Togar Situmorang Buka Ujian Naik Tingkat Gojokai Bali

    DR. Togar Situmorang Buka Ujian Naik Tingkat Gojokai Bali
    Ketua Umum GOJOKAI Bali Dr. TOGAR SITUMORANG, SH,.MH.,MAP., CMED.,CLA.  (Tengah)

    DENPASAR - Onegasaimashu, dengan dihadiri seluruh Pengurus dan Sabuk Hitam, pada Hari Minggu 30 April 2023 di Lapangan I Wayan Geso Wantilan Pura Delem Desa Sedang telah melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat / Kyu dibuka langsung Oleh Ketua Umum GOJOKAI Bali Dr. TOGAR SITUMORANG, SH, .MH., MAP., CMED., CLA. 

    Karate Goju pertama-tama diperkenalkan di Indonesia oleh seorang pedagang Jepang bernama Kunishiro Ishi (DAN IV), ini sekitar tahun 1960-an, tetapi pada waktu itu Ishi hanya melatih karate Goju dalam bentuk kelompok-kelompok kecil belum terorganisir rapi. Kunishiro Ishi mempunyai 3 Murid Senior yaitu Richard Menwidjaya, Maskun Prasetya dan Budhi Dharma.

    Pada tanggal 15 agustus 1967, Setyo Harjono, SE. mendirikan “Karate Do Gojukai Indonesia” di Jakarta. Sebagai Komda (komisariat Daerah) lahirlah Komda DKI Jaya, lalu Komda-komda berikutnya.
    Setyo Haryono mengajak Kunishiro Ishi bergabung ke dalam Organisasinya tetapi dengan alasan pribadi, Ishi Menolak, yang ikut bergabung adalah dua murid senior Ishi, yaitu : Richard Menwidjaya dan Maskum Prasetya, sedangkan Budhi Dharma kemudian mendirikan perguruan sendiri bernama Gokasi itu sejarah awal Gojokai di Indonesia. 

    Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMED, CLA selaku Pengacara Kondang Nasional sangat menyukai Olah Raga Karate dan semasa kecil dimana awal bergabung dengan Budhi Darma pendiri GOKASI dan dilatih oleh simpay bernama Jimmy Alexander waktu itu ikut Dojo Gedung Arthaloka Jakarta disampaikan ketika dihubungin via selular dari GEDUNG GRAHA SITUMORANG, Ketewel. 

    Perkembangan atlet karate Perguruan Gojukai di Propensi Bali sangat masif Bahkan Atlet Gojokai Propensi Bali seperti Ni Made suci astuti (DAN II) Ni putu Sinta Mariati (DAN I) Anak agung Sagung bulan Indira swari (Coklat ) sedang digembleng untuk fokus ke Pra PON di Kalimantan untuk menuju PON 2024 dan Hebat Trio Team ini pernah meraih emas dalam CHAMPIONS GUJU KAI WORLD Di India dan di Kanada, ” kata Dr.Togar Situmorang, S.H., MH, MAP., C.Med., CLA., seorang Advokat dan pemerhati Kebijakan Publik Minggu (29/04/2023). 

    Advokat nasional berdarah Batak yang sudah lama menetap di Pulau Dewata dan menjadi krama Bali 
    tesangat senang karena saat ini tercatat begitu banyak orang ingin menjadi anggota Gojokai  yang tersebar hingga ke tingkat Kabupaten dan Kota  di Propensi Bali, ” kata Dr. Togar Situmorang. 

    “Pada awalnya, saya hanya mengetahui bahwa ilmu bela diri yang dijalani adalah karate dan sama sekali tidak mengenal apa itu aliran. Namun setelah beberapa tahun berikutnya baru mengetahui bahwa karate berlambang tangan kosong itu ialah gojukai, ” kata pria paruh baya ini berdarah Batak. 

    Kecintaannya pada olahraga bela diri asal Jepang itu karena membentuk karakter positif dalam diri serta berdampak bagi kesehatan jasmani. “Karate bukan hanya mengajarkan sikap sportif tapi juga falsafah hidup bahwa keberhasilan tidak dapat diraih tanpa suatu kedisiplinan. Menjadi karateka secara tidak langsung membentuk karakter positif dalam diri seseorang, ” ujar Bacaleg DPR RI DAPIL 1 JAKARTA TIMUR dari PARTAI DEMOKRAT. 

    Lebih lanjut Dr. Togar Situmorang dirinya Hadir dalam Pembukaan 
    UJIAN KENAIKAN TINGKAT /KYU 
    Semua tingkatan Kyu dari 10 sampai Kyu 1 menghaturkan terima kasih kepada semua pihak sehingga kegiatan ini terlaksana dengan sukses dan Khususnya kepada para peserta terdiri DOJO SKC SEDANG, DOJO JKC JAGAPATI, DOJO DLODTONON GIANYAR, DOJO SMP 3 SIBANG KAKA, DOJO DODIK TABANAN dan DOJO GKC GULINGAN serta
    DOJO MENGWI. 

    Kita berharap semua yang ikut Ujian lulus dan Namanya Ujian ada dua kemungkinan Lulus atau Tidak Lulus diharapkan para peserta tetap semangat yah karena kalian semua adalah harapan bangsa ini Selamat melaksanakan ujian, utamakan kesehatan dan keselamatan serta tetap selalu semangat”. tutup Dr. Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMED, CLA Ketua Umum GOJOKAI BALI. (Tim)

    olahraga karate koni bali
    Ray

    Ray

    Artikel Sebelumnya

    Pengurus FOPI Bali Masa Bakti 2023 - 2027...

    Artikel Berikutnya

    IGK Kresna Budi Pantau Kiriman 1000 ekor...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    'Full book' Nonton Bareng Gala Premier 'Taksu Bali', Galuh Bilen: Angkat Perfilman Bali
    Babinsa Koramil Dawan Amankan Kunjungan Pj Bupati di Desa Dawan Kaler
    Hence Mandagi: Revisi UU Penyiaran dan Maling Ayam
    Babinsa Jumpai Turun ke Sawah
    Tony Rosyid: Prabowo Urus Indonesia, Anies Baswedan Di Jakarta

    Ikuti Kami