Pelatihan Updating Website Fakultas Pertanian Unud

    Pelatihan Updating Website Fakultas Pertanian Unud

    Dekan Fakultas Pertanian Unud Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya, S.P, M.Agr. membuka Pelatihan Pengelolaan Website Program Studi di Ruang Sidang Senat Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Denpasar, pada Kamis (02/11/2023).

    Pelatihan diikuti oleh para koprodi selingkup Fakultas Pertanian, baik koprodi S1, S2, maupun S3, serta para operator website prodi dan teknik.

    Dekan menyatakan  tujuan pelatihan adalah dalam rangka updating website pada website prodi. Melalui updating website mutu atau kualitas informasi mengenai profil prodi, dokumen prodi, dan kegiatan-kegiatan yang diberitakan pada website prodi. 

    Lebih lanjut Dekan mengungkapkan  maksud pelatihan  agar para operator lebih profesional, sehingga isi dan tampilan lebih menarik. “Website prodi merupakan cerminan  keunggulan prodi, yang dilihat melalui website, ”ungkap Dekan.  

    Fakultas  Pertanian Unud merencanakan  pada web ada  slot untuk pers khusus yang dikelola mahasiswa yaitu  Khlorofil. Dengan demikian, liputan dan kegiatan kemahasiswaan dapat terinfo di website fakultas atau prodi. 

    Dekan menegaskan bahwa Web merupakan tempat untuk unjuk kehebatan civitas, yang selanjutnya dikelola  UPIK Fakultas.  Oleh karena itu, prodi harus aktif membuat berita. Tiap kegiatan wajib diberitakan. “Ini bagian dari promosi. Saya yakin banyak yang akan berkonsultasi ke Fakultas Pertanian Unud.  Pengunjung web menemukan banyak dosen yang profesional , terutama sebagai  peneliti, “ungkap Dekan. 

    Melalui Website juga bisa sekaligus sebagai tempat promosi dan sosialisasi. Sosialisasi bisa lewat web, shg bisa mengcover yang tidak bisa temu muka langsung. Dekan berpesan agar peserta mengikuti pelatihan dengan baik dan bisa dibuktikan dengan semakin bagusnya isi dan tampilan website prodi dan fakultas Pertanian Unud. 

    Intrutur Dr. Ir. Gede Wijana, M.S. menekankan  pentingnya memahami dan menggunakan metoda 5W+1H dalam penulisan berita atau informasi. 5W 1H adalah sebuah metode yang dilakukan guna mendapatkan informasi secara lebih kaya dan mendalam. Ditekankan pula sebagi seorang penulis pemula harus berani memulai. “Tulis saja dulu apa adanya, lalu diperbaiki, ”saran Wijana. 

    Hal-hal menyangkut teknis pengelolaan website prodi disampaikan I Gede Wahyu Pramartha, S.Kom. Menurutnya, website harus menarik dari segi tampilan, lengkap dengan fitur-fitur utama, dan berisi konten yang bermanfaat bagi pengunjung website. 

    Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Dr. I Made Sukewijaya, S.P., M.Sc. pada sambutan penutupan kegiatan pelatihan, berharap pelatihan ini dapat mendorong minat peserta  untuk menulis  peristiwa yang diikuti pada setiap kegiatan atau tugas. Dengan demikian, tidak ada peristiwa penting yang diikuti para koprodi tidak terinformasikan di website prodinya masing-masing. “Setidaknya untuk memberi teks pada foto yang dimuat di website tersebut, ”ujar Wakil Dekan.  (wjn)

    Sumber :https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3879-Pelatihan-Updating-Website-Fakultas-Pertanian-Unud.html

    Mariza

    Mariza

    Artikel Sebelumnya

    KUI bersama TCI dan UPT. Bahasa terima delegasi...

    Artikel Berikutnya

    Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Babinsa Kusamba Kawal Jalan Sehat
    Melasti di Desa Manduang Dikawal Ketat Babinsa
    'Full book' Nonton Bareng Gala Premier 'Taksu Bali', Selly: Angkat Perfilman Bali
    Babinsa Koramil Dawan Amankan Kunjungan Pj Bupati di Desa Dawan Kaler
    Hence Mandagi: Revisi UU Penyiaran dan Maling Ayam

    Ikuti Kami